saya ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara semua karena meluangkan waktu untuk berkunjung,saran dan komentar dari saudara sangat bermanfaat untuk perbaikan blog ini

Friday 14 November 2014

Kilas sejarah ( sultan trenggono )


Pada masa pemerintahan sultan trenggono, demak menerima kedatangan fatahillah dari samudra pasai. Atas perintah sultan trenggono, fatahillah bersama puteranya yang bernama hasanudin berusaha menaklukan kota-kota pelabuhan di jawa barat.
Pada masa itu ada perjanjian kerja sama antara kerajaan pajajaran dengan panglima portugis, Henrique leme, yang ditanda tangani pada 21 agustus 1522. Isi perjanjian itu antara lain mengizinkan portugis mengadakan mendirikan markas dagang dan pertahanan di sunda kelapa.
Portugis mengadakan perjanjian itu karena ingin menguasai hasil bumi dan meguasai kota-kota pelabuhan  di nusantara. Untuk membendung pengaruh portugis inilah sultan tenggarong mengutus fatahillah dan hasanudin. Terjadilah pertempuran antara portugis dengan pasukan demak yang di pimpin oleh fatahillah.
Pasukan demak berhasil mengalahkan porugis dan merebut sunda kelapa pada tanggal 22 juni 1572. Atas kemenangan itu sunda kelapa diganti menjadi jayakarta yang berarti kota kemenangan. Kemudian nama jayakarta diubah menjadi Jakarta. Oleh karena itu, setiap tanggal 22 juni diperingati sebagai hari jadi kota Jakarta

0 comments:

Post a Comment