saya ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara semua karena meluangkan waktu untuk berkunjung,saran dan komentar dari saudara sangat bermanfaat untuk perbaikan blog ini

Thursday 13 November 2014

I.Peninggalan sejarah hindu, budha,dan islam di Indonesia ( bagian keempat )


setelah sebelumnya kita membahas bagian ke tiga kali ini saya akan melanjutkan bagian ke empat dari kerajaan-kerajaan hindu yang terakhir
A. peninggalan sejarah masa kerajaan hindu
1         Kerajaan singasari

Kerajaan singasari terletak diwilayah singasari, sebelah timur gunung kawi, jawa timur. Kerajaan ini didirikan kurang lebih pada tahun 1222 oleh ken arok, seorang bupati di tumapel. Sebelum menjadi bupati, ia adalah seorang abdi di kadipaten tumapel. Bupati tumapel saat itu adalah tunggul ametung memiliki isteri sangat cantik bernama ken dedes.
Melihat kecantikan ken dedes, ken arok berniat merebutnya dari tunggul ametung. Selain ingin mendapatkan ken dedes, ken arok juga bercita – cita menjadi bupati tumapel. Keinginan itu tercapai. Dengan tipu muslihat, ken arok berhasil membunuh tunggul ametung mengunakan keris buatan empu gandring. Sebelum membunuh tunggul ametung, ken arokjuga membunuh empu gandring terlebih dhulu.
Pada tahun 1222 M, ken arok diangkat menjadi bupati tumapel mengantikan tunggul ametung. Untuk memperluas wilayah kekuasaannya, ken arok menyerang kerajaan Kediri yang saat itu di perintah oleh raja kertajaya.setelah mengalahkan kertajaya, ken arok mendirikan kerajaan singasari. Kerajaan singasari diperkirakan terletak di singasari, dekat malang, jawa timur.
Ken arok memerintah singasari antara tahun 1222 – 1227 M. setelah naik tahta beliau bergelar sri rajasa sang amurwabhumi. Raja-raja yang pernah memerintah singasari setelah ken arok, yaitu :
a.       Anusapati ( 1227 – 1248 M )
b.      Tohjaya ( 1248 M )
c.       Ranggawuni ( 1248 – 1268 M )
d.      Kertanagara ( 1268 – 1292 M )
Peninggalan sejarah kerajaan singasari berupa arca dan candi. Peninggalan sejarah berupa arca diantaranya arca prajnaparamita. Arca ini dipercaya sebagai arca pemujaan terhadap ken dedes. Peninggalan berupa candi diantarannya :
a.       Candi kidal, terletak di sebelah tenggara kota malang dan merupakan makam anusapati
b.      Candi singasari, terletak di singasari, malang. Candi ini adalah makam raja kertanagara
c.       Candi kangenengan, terletak di sebelah selatan singasari,merupakan makam ken arok
d.      Candi jago yang juga disebut candi jajaghu, terletak dekat malang, jawa timur. Candi ini merupakan makam wisnuwardana

2         KERAJAAN MAJAPAHIT

Kerajaan majapahit terletak di jawa timur. Kerajaan ini didirikan oleh raden wijaya pada tahun 1292 M. majapahit nerupakan kerajaan terbesar kedua setelah sriwijaya.
Pada tahu 1293 M, raden wijaya dinobatkan sebagai raja pertama kerajaan majapahit dan bergelar kertarajasa jayawardana. Beliau memerintah sampai 1309 M dan sebagai raja pertama, beliau sangat gigih dalam memajukan majapahit. Beliau berusaha meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, beliau wafat pada tahun 1309 M dan abu jenazahnya disimpan di samping atau candi sumberjati, dekat kota blitar.
Selanjutnya, majapahit dipegang oleh jayanegara. Beliau adalah putera mahkota dari raden wijaya. Saat naik tahta beliau belum dewasa sehingga pada masa pemerintahannya sering terjadi pemberontakan. Salah satunnya adalah pemberontakan nambi dan kuti. Karena pemberontakan itulah jayanegara menyinggir dari majapahit. Namun, berkat keserdikan gajah mada, pemberontakan itu dapat ditumpas sehingga jayanegara kembali ke kerajaan.namun, pada tahun 1328 M jayanegara wafat karena dibunuh oleh tabib istana.
Dengan wafatnya jayanegara, pemerintahan selanjutnya digantikan oleh tribuanatunggadewi. Ia adlah putri raden wijaya dari gayatri. Pada masa pemerintahan tribuanatunggadewi terjadi pemberontakan sadeng. Gajah mada kembali berhasil menumpas pemberontakan ini. Atas jasa – jasanya itu, gajah mada dilantik menjadi mahapatih majapahit.
Saat menjadi mahapatih inilah gajahmada bersumpah untuk tidak memakan buah palapa sebelum dapat mempersatukan nusantara. Sumpah ini dikenal dengan nama sumpah amukti palapa.
Cita – cita gajah mada ini terwujud setelah beliau berhasil menyatukan bali, Kalimantan, nusa tenggara, dan Sumatra masuk wilayah majapahit. Semua itu terwujud pada saat diperintah oleh raja hayam wuruk pada tahun 1350 M.
Hayam wuruk adalah putra dari tribuanatungadewi.hayam wuruk adalah raja yang berpikiran maju, sehingga pada masa kepemimpinannya yang didampingi maha patih gajah mada kerajaan majapahit berhasil memperluas kekuasaannya sampai malaka. Oleh sebab itu, masa kepemimpinan hayam wuruk disebut sbagai keemasan majapahit.
Peninggalan sejarah kerajaan majapahit berupa candid an karya sastra. Candi – candi itu hingga kini masih terpelihara dan dijadikan sebagai tempat wisata.
Candi-candi peninggalan kerajaan majapahit antara lain :
a.       Candi panataran, candi sawentar, dan candi sumberjati di blitar
b.      Candi surawana di dekat pare, Kediri
c.       Candi tikus di trowulan, mojokerto
d.      Candi jabung di kraksaan, probolinggo
Kitab-kitab peninggalan kerajaan mataram, yaitu :
a.       Kitab negarakertagama karangan empu prapanca, kitab ini menceritakan sejarah kerajaan singasari dan majapahit.dalam kitab ini ditemukan istilah pancasila
b.      Kitab arjunawiwaha karangan empu tantular. Ktab ini menceritakan tentang arjuna yang bertapa di gunung mahameru.
c.       Kitab sutasoma karangan empu tantular. Kitab ini mengajarkan toleransi beragama terutama antara umat hindu dan Buddha. Pada kitab ini ditemukan istilah bhineka tunggal ika

Bersambung…..untuk pembahasan selanjutnya tentang kerajaan Buddha

0 comments:

Post a Comment