Setidaknya dengan Buku Pegangan Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD
ini, dapat memberikan kemudahan bagi guru untuk proses pembelajaran dan
Penilaian kurikulum 2013 dan rencana pembelajaran bagi rekan-rekan Guru
SD, tentunya tujuan kita bersama pada implementasi kurikulum ini
semakin mengembangkan suasana belajar yang memberi kesempatan peserta
didik untuk menemukan, menerapkan ide-ide mereka sendiri, menjadi sadar
dan secara sadar menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar.
Guru mengembangkan kesempatan belajar kepada peserta didik untuk meniti
anak tangga yang membawa peserta didik kepemahaman yang lebih tinggi,
yang semula dilakukan dengan bantuan guru tetapi semakin lama semakin
mandiri. Bagi peserta didik, pembelajaran harus bergeser dari “diberi
tahu” menjadi “aktif mencari tahu”.
Di dalam pembelajaran, peserta didik Mengkonstruksi pengetahuan bagi
dirinya. Bagi peserta didik, pengetahuan yang dimilikinya bersifat
dinamis, berkembang dari sederhana menuju kompleks, dari ruang lingkup
dirinya dan di sekitarnya menuju ruang lingkup yang lebih luas, dan dari
yang bersifat konkrit menuju abstrak. Sebagai manusia yang sedang
berkembang, peserta didik telah, sedang, dan/atau akan mengalami empat
tahap perkembangan intelektual, yakni
1. sensori motor,
2. pra-operasional,
3. operasional konkrit
4. operasional formal.
Secara umum jenjang pertama terjadi sebelum seseorang memasuki usia
sekolah, jejang kedua dan ketiga dimulai ketika seseorang menjadi
peserta didik di jenjang pendidikan dasar, sedangkan jenjang
keempat dimulai sejak tahun kelima dan keenam sekolah dasar
.
Proses pembelajaran terjadi secara internal pada diri peserta didik.Pada tahapan Penilaian Kelas atau
bentuk lainnya Proses tersebut mungkin saja terjadi akibat dari
stimulus luar yang diberikan guru, teman, lingkungan. Proses tersebut
mungkin pula terjadi akibat dari stimulus dalam diri peserta didik yang
terutama disebabkan oleh rasa ingin tahu. Proses pembelajaran dapat pula
terjadi sebagai gabungan dari stimulus luar dan dalam. Dalam proses
pembelajaran, guru perlu mengembangkan kedua stimulus pada diri setiap
peserta didik. Di dalam pembelajaran, peserta didik difasilitasi untuk
terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi.
Guru menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk melakukan
berbagai kegiatan yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi yang
dimiliki mereka menjadi kompetensi yang ditetapkan dalam dokumen
kurikulum atau lebih. Pengalaman belajar tersebut semakin lama semakin
meningkat menjadi kebiasaan belajar mandiri dan ajeg sebagai salah satu
dasar untuk belajar sepanjang hayat Dalam suatu kegiatan belajar dapat
terjadi pengembangan sikap, pengetahuan,dan keterampilan dalam kombinasi
dan penekanan yang bervariasi. Pada Penilaian yang bersifat Aplikasi Kurikulum 2013,
Setiap kegiatan belajar memiliki kombinasi dan penekanan yang berbeda
dari kegiatan belajar lain tergantung dari sifat muatan yang
dipelajari. Meskipun demikian, pengetahuan selalu menjadi unsur
penggerak untuk pengembangan kemampuan lain.
Berikut link download Buku BSE Kurikulum 2013 Kelas 5 SD.
Download Buku Pegangan Guru Kelas 5 SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 pada link di bawah ini
Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar disini
Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan disini
Tema 3 Kerukunan dalam bermasyarakat disini
Tema 4 Sehat Itu Penting disini
Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia disini
Dan Berikut Buku Pegangan Siswa nya:
1.BS Kelas V Tema 1 Klik disini
2.BS Kelas V Tema 2 Klik disini
3. Buku Kurikulum 2013 Kelas v Tema 3 klik disni
4. Buku Kurikulum 2013 Kelas v Tema 4 klik disini
5. Buku Kurikulum 2013 Kelas v Tema 5 Klik disini
Tak lupa Pihak KKG Rayon 1 Jaro Mengucapkan banyak Terima kasih pada:
Instruktur Kurikulum 2013
Bapak. Irhami,S.Pd
Bapak Rusfin Hartono, S.Pd
Bagi yang menginginkan klik RPP dan Silabus SD Kurikulum 2013 Lengkap
Friday, 24 October 2014
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment